SERAMBIISLAM.COM – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berperan aktif melakukan kemitraan.

Termasuk dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di masing-masing wilayah.

“Harapan saya ke depan MES dapat berperan mengakselerasi ekonomi syariah yang kontributif,” kata Wapres Ma’ruf Amin di Jakarta, Sabtu, pada Silaturahim Nasional (Silaknas) MES secara virtual.

Wapres Ma’ruf Amin kemudian mendorong MES untuk melakukan 4 hal, sebagai berikut:

Pertama, sebagai rumah yang menaungi berbagai pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah.

“MES diharapkan terus mengukuhkan ekosistem kolaborasi agar senantiasa kondusif bagi terbangunnya kepercayaan dan tanggung jawab bersama,” tambah Wapres.

Kedua, mempertajam sinergi industri keuangan syariah dan industri produk halal.

Pelaku usaha di bidang makanan dan minuman, fesyen, pariwisata ramah muslim, maupun sektor halal lainnya memerlukan kontribusi keuangan syariah sebagai penyokong pembiayaan yang akan turut menentukan keberlangsungan usaha.

“Ketiga, kampanye literasi perlu dilakukan secara masif dan efektif menyasar setiap segmen generasi.

“MES diharapkan dapat ambil bagian dalam peningkatan ketersediaan SDM ahli di bidang ekonomi dan keuangan syariah,” ungkap Wapres.

Keempat, MES harus mendorong literasi dan sekaligus gerakan pengumpulan wakaf, baik di pusat maupun di daerah.

“Saya berharap nantinya akan ada gerakan wakaf uang di masing-masing provinsi.”

“Misalnya gerakan wakaf uang DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Riau, dan lain-lain,” ujar Wapres Maruf Amin.***

Klik Topik Syariah untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Serambiislam.com, semoga bermanfaat

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.